Friday, June 26, 2009

Fiber OPTIK ... grgrgrgrrrrrr

The Magic of FO SystemSistem fiber-optic (FO) merupakan jaringan komunikasi yang mampu mentransmisikan data dalam frekuensi tinggi melalui cahaya dalam serat bening. Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, kabel ini lebih mahal. Namun, fiber optic memiliki jangkauan yang lebih jauh dari 550 meter sampai ratusan kilometer, tahan terhadap interferensi elektromagnetik dan dapat mengirim data pada kecepatan yang lebih tinggi dari jenis kabel lainnya. (http://www.pc24.co.id/article/category14_1.htm)
Kabel fiber optic tidak membawa sinyal elektrik, seperti kabel lainnya yang menggunakan kabel tembaga. Sebagai gantinya, sinyal yang mewakili bit tersebut diubah ke bentuk cahaya. Sistem FO mengganti konfigurasi teknologi yang bersifat fly-by-wire menjadi fly-by-light. Selain itu perkembangan sistem FO ini juga lebih bersifat evolusioner ketimbang revolusioner. Hal ini disebabkan karena perkembangannya yang bertahap dan tidak begitu saja mengubah semua sistem komunikasi. Misalnya, sebuah infrastruktur menggunakan jaringan FO dan segala komponennya telah dibuat tetapi tidak langsung mengubah sistem yang sudah diterapkan.

Karakteristik FO System
Teknologi komunikasi fiber optik ternyata cukup banyak jenis dan karakteristiknya. Jenis dan karakteristik ini akhirnya membuat jenis-jenis konektor, jenis kabel, jenis perangkat yang bervariasi pula. Hal ini dikarenakan perbadaan karakteristik yang juga membuat perbedaan cara kerja dan fitur-fitur yang dihasilkannya. Teknologi FO menjadi terbagi-bagi menjadi beberapa jenis disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor struktural dari media pembawanya dan faktor properti dari sistem transmisinya. Kedua faktor inilah yang menyebabkan perbedaan kualitas dan harga pada komunikasi FO secara garis besar. Faktor struktural lebih banyak berkutat pada fisik dari media pembawanya, yaitu serat kaca. Fisik dari serat tersebut cukup berpengaruh untuk kelangsungan transmisi data. Sedangkan, faktor properti sistem transmisi akan lebih banyak berkutat mengenai bagaimana sinar-sinar data tersebut diperlakukan di dalam media pembawa. Modifikasi dari kedua faktor tersebut akan membuat teknologi FO menjadi bervariasi produknya. (
www.pcmedia.co.id)


Bagian-Bagian dalam FO System

Light-Emitting Diodes (LED)
dan Laser Diodes (LD)
Transmisi cahaya ini menggunakan transmitter yang dilengkapi dengan semikonduktor LED atau LD yang kemudian dibawa oleh serat kabel. LED dan LD digunakan dalam konfigurasi alat komunikasi yang berbeda. LED memiliki harga yang lebih murah, dan mentransmisikan cahaya lebih sedikit, serta dalam jarak yang cukup pendek. Sedangkan LD merupakan laser berbentuk chip yang berkekuatan tinggi dan mampu mentransmisikan data dalam kapasitas besar dan dalam jarak yang medium hingga jauh. Transmisi FOFO ini terbagi atas dua lapisan, cladding (bungkus/ kulit) serta core (inti). Cahaya masuk ke dalam fiber melalui proses yang disebut total internal reflection. Intinya cahaya berjalan ke dalam fiber melalui rangkaian refleksi yang terjadi ketika cladding dan core fiber tersebut bertemu, disebut juga cladding-core interface. Ketika cahaya sudah di ujung saluran akan dibawa oleh penerima sensitif cahaya dan setelah serangkaian tahap, sinyal yang asli diproduksi kembali. FO ini dilindungi oleh lapisan pelindung atau jaket untuk melindungi dari benda tajam dan bahaya lainnya. Fiber yang dilindungi ini disebut kabel FO.

Kelebihan dan Kekurangan dalam Penggunaan FO System

Keuntungan dari penggunaan sistem FO ini antara lain:

-
Dibandingkan dengan beberapa sistem komunikasi lain, sistem FO dapat membawa dan menampung jumlah data yang sangat besar. Transmisi yang dilakukan memiliki jangkauan satuan gigabit-plus (milyaran bit per detik) dan satu helai FO sepanjang 0,75 inchi dapat mengantikan fungsi 20 kabel tembaga biasa sepanjang 3,5 inchi.
-Sistem FO kebal terhadap interferensi gelombang elektromagnetik dan radio karena menggunakan media cahaya dalam membawa data.
-Memiliki perlindungan keamanan data lebih tinggi daripada sistem konvensional.
-
Informasi dapat dikirim ke jarak yang sangat jauh tanpa pengulang-pengulang (repeaters).

-
Dapat ditempatkan di tempat yang sempit karena tipis dan kecil.
Kekurangan system FO, antara lain:
-
Seperti sistem komunikasi yang lain, ada kemungkinan kehilangan kekuatan sinyal yang disebabkan oleh kerusakan fisik FO atau material pembuat FO yang tidak murni. Misalnya terjadinya efek dispersion (penyebaran) karena menggunakan multi mode fiber optic. Dispersion adalah sebuah efek di mana mode-mode cahaya yang berjumlah banyak tadi tiba di ujung penerimanya dengan waktu yang tidak sinkron satu dengan yang lainnya. Perbedaan waktu ini akan menyebabkan pulsa-pulsa cahaya menjadi tersebar penerimaannya. Pengaruh yang ditimbulkan dari efek ini adalah bandwidth yang dicapai tidak dapat meningkat, sehingga komunikasi tersebut menjadi terbatas bandwidth-nya.
Berdasarkan faktor struktur dan properti sistem transmisi yang sekarang banyak diimplementasikan, teknologi fiber optik terbagi atas dua kategori umum, yaitu:

Single mode fiber optic
adalah sebuah sistem transmisi data berwujud cahaya yang didalamnya hanya terdapat satu buah indeks sinar tanpa terpantul yang merambat sepanjang media tersebut dibentang. Satu buah sinar yang tidak terpantul di dalam media optik tersebut membuat teknologi fiber optik yang satu ini hanya sedikit mengalami gangguan dalam perjalanannya. Itu pun lebih banyak gangguan yang berasal dari luar maupun gangguan fisik saja. Single mode dilihat dari segi strukturalnya merupakan teknologi fiber optik yang bekerja menggunakan inti (core) serat fiber yang berukuran sangat kecil yang diameternya berkisar 8 sampai 10 mikrometer. Dengan ukuran core fiber yang sedemikian kecil, sinar yang mampu dilewatkannya hanyalah satu mode sinar saja. Sinar yang dapat dilewatkan hanyalah sinar dengan panjang gelombang 1310 atau 1550 nanometer. Single mode dapat membawa data dengan bandwidth yang lebih besar dibandingkan dengan multi mode fiber optics, tetapi teknologi ini membutuhkan sumber cahaya dengan lebar spektral yang sangat kecil pula dan ini berarti sebuah sistem yang mahal. Single mode dapat membawa data dengan lebih cepat dan 50 kali lebih jauh dibandingkan dengan multi mode. Tetapi harga yang harus Anda keluarkan untuk penggunaannya juga lebih besar. Core yang digunakan lebih kecil dari multi mode dengan demikian gangguan-gangguan di dalamnya akibat distorsi dan overlapping pulsa sinar menjadi berkurang. Inilah yang menyebabkan single mode fiber optic menjadi lebih reliabel, stabil, cepat, dan jauh jangkauannya. (www.pcmedia.co.id)
Multi mode fiber optic
memiliki banya jumlah sinyal cahaya yang berada di dalam media fiber optik-nya. Sinar yang berada di dalamnya lebih dari satu buah. Dilihat dari faktor properti sistem transmisinya, multi mode merupakan teknologi transmisi data melalui media serat optik dengan menggunakan beberapa buah indeks cahaya di dalamya. Cahaya yang dibawanya tersebut akan mengalami pemantulan berkali-kali hingga sampai di tujuan akhirnya.
Sinyal cahaya dalam teknologi multi mode dapat dihasilkan hingga 100 mode cahaya. Banyaknya mode yang dapat dihasilkan oleh teknologi ini bergantung dari besar kecilnya ukuran core fiber-nya dan sebuah parameter yang diberi nama Numerical Aperture (NA). Seiring dengan semakin besarnya ukuran core dan membesarnya NA, maka jumlah mode di dalam komunikasi ini juga bertambah. Ukuran core kabel multi mode secara umum adalah berkisar antara 50 sampai dengan 100 mikrometer. Biasanya ukuran NA yang terdapat di dalam kabel multi mode pada umumnya adalah berkisar antara 0,20 hingga 0,29. (www.pcmedia.co.id)
- Karena diameter FO yang sangat kecil membuat para membuat para penggunanya sulit untuk dalam melakukan penyambungan ujung-ujung fiber tersebut jika perlu disambung. Di dalam penyambungan atau yang lebih dikenal dengan istilah splicing, keakuratan dan ketepatan posisi antara kedua core yang ingin disambung menjadi hal yang sangat penting bagi lajunya transmisi data.
-
Ada beberapa industri komunikasi yang masih didominasi oleh kabel tembaga standar. Misalnya industri telepon.
- Komponen-komponen FO harganya lebih mahal. Meskipun harga-harga tersebut semakin menurun.Meskipun FO memiliki kerkurangan-kekurangan di atas akan tetapi tuntutan perkembangan system komunikasi dan informasi yang pesat menuntut penggunaan channel-channel berkapasitas tinggi dalam transmisi data. Untuk itulah FO sangat dibutuhkan. Selain itu, semakin hari harga-harga komponen FO bahkan termasuk LD pun semakin menurun. Selain itu, system FO merupakan teknologi yang dapat disamakan dengan teknologi digital.
Penerapan FO system
- Kapasitas FO mampu menjadi channel dalam pembuatan TV digital. Sinyal-sinyal broadcasting yang didigitalisasi menghasilkan jutaan bit per detik dan system FO mampu menangani transmisi dalam jumlah besar ini.
- FO digunakan dalam peningkatan efisiensi dan kapasitas LAN. FO line dapat mentransmisi data computer semudah transmisi suara dan video.
- Industri kabel dan telepon memperpanjang jaringan FO untuk saluran telepon dalam jarak sangat jauh.
-
Memberikan aliran data berkecepatan tinggi.
Underwater lines. AT & T mengepalai pembuatan system FO di bawah permukaan laut antara US dan Eropa. System ini disebut TAT-8, panjangnya lebih dari 3000 mil dan merupakan saluran trans-oceanic pertama. TAT-8 didesain untuk mengatasi percampuran informasi.
Satelit
.
Satelit hanya berada dalam kondisi atmosferik. Siaran satelit dapat diterima oleh siapa saja termasuk orang-orang yang tidak berwenang dalam menerima sinyal ini. Fiber optic juga cocok untuk komunikasi antar kota (contoh New York ke Washington DC). Misalnya digunakan untuk jaringan berita televisi, industri telepon, dan aplikasi-aplikasi teleconference. Baik satelit dan FO bertindak sebagai suplemen dan komplemen dalam penyiran berita nasional atau internasional. Keduanya memiliki kekuatannya sendiri-sendiri dalam menopang kebutuhan dalam bidang komunikasi umat manusia.

Aplekasi lainnya
.
FO line juga digunakan dalam bidang kedokteran. Dalam beberapa jenis operasi menggunakan laser, serat FO bertindak sebagai kendaran untuk membawa berkas cahaya ke tempat operasi. Dalam penerapan ini, FO bertindak sebagai alat pemeriksa visual (visual inspection) dalam bentuk fiberscope. Fiberscope terdiri atas dua ikat FO, yang satu merupakan penerang yang membawa cahaya ke jaringan (illuminating bundle), dan yang satunya (imaging bundle) mengirimkan gambar jaringan kepada pengamat.
Ilmuwan juga menggunakan sensor FO untuk mengawasi kondisi fisik sutu benda jika strukturnya berubah. Misalnya FO dimasukkan dalam bahan campuran untuk membuat bagian pesawat terbang hingga stasiun ruang angkasa. Dengan adanya FO kita dapat mengecek apakah struktur material tersebut mudah hancur atau mendapatkan tekanan.
Communication System Based on Integrated Entertainment and Information

Sistem FO telah lama dipercaya untuk menjadi media komunikasi inti (backbone) dari internet di seluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan di negara satu dengan negara seberangnya, atau benua satu dengan benua lainnya, FO telah cukup lama berperan dalam komunikasi dunia ini. Semua itu karena kualitas koneksinya, cara kerjanya, dan kekebalan informasi yang dibawa dalam media inilah yang membuatnya begitu dipercaya.. Saat ini, sistem komunikasi yang terus memberikan pelayanan kepada individu memadukan konsep informasi dan entertainment terus dikembangkan, tidak hanya melalui FO, tapi juga dengan menggunakan kabel dan pesawat telepon (telcos).

Salah satu jenis informasi dan entertainment yang dapat diperoleh melalui kabel dan pesawat telepon antara lain adalah video-on-demand (VOD). Melalui VOD, penonton memiliki kendali lebih dalam pilihan program diinginkannya, baik itu television show ataupun pelayanan baru yang bersifat opsional. Cara membayar layanan VOD adalah dengan pay-per-view (PPV), yaitu kita dikenai sejumlah biaya untuk melihat film, konser, atau tayangan kejadian special. Layanan VOD ini seperti rental video, kita dapat melihat rekaman tayangan yang kita inginkan ketika kita menginginkannya. Kita juga dapat menyimpannya dan menikamti program itu kembali sesuai dengan keinginan kita tidak hanya pada saat program itu dkirim (misalnya melalui sistem kabel).

Revolusi dalam bidang komunikasi seperti ini dapat dilihat sebagai personal revolution, karena individu yang kini menguasai sistem informasi dan entertainment. Tekanan politik dan faktor-faktor lainnya memberikan keleluasaan dan mendukung perkembangan telcos dalam pelayanan informasi, seperti Yellow Pages Elektronik dan membuka video market. Apalagi pada tahun 1992, FCC memperbaharui aturannya sehingga perusahaan telepon diijinkan untuk bersaing dalam arena video. Sebenarnya gagasan mengenai layanan yang memberikan kendali bagi penonton dalam memilih tayangan yang mereka inginkan seperti VOD sudah ada sejak tahun 1970an, yaitu ketika TV kabel Qube diluncurkan di Colombus, Ohio. TV Qube membiarkan para pelangannnya menyocokkan layanan kabel sesuai dengan kebutuhan menontonnya.
Karakteristik unik dari revolusi sistem komunikasi seperti layanan VOD dan TV Qube adalah adanya kemampuan interaktif antara layanan TV dengan penonton. Revolusi yang terjadi ini berdasarkan konsep pengintegrasian antara entertainment dan informasi. Kemampuan interaktif antara layanan TV dan penonton ini sama dengan penggunaan keyboard dan mouse ketika kita menggunakan internet untuk mencari atau menerima informasi.

3 comments:

GnR said...

Hmm.... ur the best....

GnR said...

Try this from ur friend

http://www.iijugakuya.blogspot.com

lina sudrajat said...

nice blog dear.... i like....have a great day....